Sehat Alami, Yuk Mariii ...!





            Aloha ...
Setelah beberapa libur, akhirnyaaa ... bisa nge-post lagi *kipas-kipas* panas, nih.
            Ngomong-ngomong soal panas, akhir-akhir ini cuaca memang terasa lebih panas dan berdebu, ya?  Nah, kondisi ini yang kadang membuat kita mudah terserang penyakit tenggorokan. Mulai dari sakit tenggorokan biasa, serak, sampai batuk. Biasanya penyakit-penyakit ini rada bandel. Udah minum obat juga masih ketinggalan sakitnya. Kadang sampai bosan tuh. Apalagi kalau anak-anak yang sakit, duuuh ... kasihn banget.
            Tapi, jangan khawatir. Kali ini saya akan bebagi info seputar obat-obat alami yang bisa jadi alterntif untuk (setidaknya) meringankan penyakit tenggorokan. Let’s check this out ....
1.      Badheg (air nira)
 
doc.google


Tahu, kan? Itu loh air manis sadapan dari pohon kelapa, mayang enau atau nyiur. Caranya ambil segelas air nira yang baru turun dari sadapan, jadi masih murni dan segar (maksudnya belum kecampur apapun gitu).  Rada susah sih dapatnya kalau tinggal di daerah yang enggak ada penderes. Tapi sekarang, udah ada yang jualan air nira, loh. Biasanya botolan. Terus minum saat pagi hari sebelum sarapan.

2.      Air Perasan Kencur
 
doc.google

Nah, kalau yang ini cukup mudah. Kita hanya memarut kencur lalu memeras airnya. Campur dengan air hangat. Mudah, kan? Ramuan ini cukup efektif untuk melegakan tenggorokan. Selain itu juga membuat perut terasa lega dan nyaman.

3.      Jeruk Nipis dan Kecap


Resep ini pasti enggak asing, iya kan? Yup. Biasanya racikan obat alami ini untuk meredakan batuk. Kita ambil satu butir jeruk nipis, peras airnya. Campur dengan satu sendok makan kecap. Tenang aja, rasanya tetap enak, kok.

4.      Jahe


Kalau yang ini, selain bikin tenggorokan lega juga bikin badan hangat. Hehe. Caranya gampang. Bakar jahe lalu sedikit dikeprek. Seduh dengan air panas. Kasih gula dikit saja, atau lebih baik tanpa gula. Soalnya kadang gula juga pengaruh bikin tambah batuk.

            Nah, itu racikan alami yang biasanya saya buat untuk meredakan penyakit tenggorokan ringan. Terutama kalau lagi malas minum obat. Soalanya, jujur saja saya paling tidak suka obat. Hehe. Pahit. Ya iyalah, gula itu manis.
Harapannya sih jangan sampai sakit, ya? Tapi tidak ada salahnya juga untuk tahu. Kali aja berguna. Kalau ada yang mau menambahkan, silahkan tulis di kolom komentar, ya?


4 comments

  1. Replies
    1. Enggak kangen rasanya, Mbak? hehe. Seger, loh. Manis-manis gimana ....

      Delete
  2. Aku paling suka minum jamu jahe sama gula merahnya

    Hehehee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Salam hangat.