Kirim Naskah ke Penerbit, Yuk!

Hai, assalamualaikum semuanya....

Ketemu lagi dengan Mamak Dhifa. Mumpung weekend dan lagi semangat nulis, saya pengin posting beberapa alamat penerbit yang biasa menerima naskah anak.  Ini berdasarkan pengalaman saya saja, ya, baik yang pernah terbit ataupun sekedar kirim terus ditolak. Siapa tahu, teman-teman punya naskah yang mau dikirimkan ke penerbit. Dan bingung mau kirim ke mana, ya. Nah, ceki-ceki alamatnya di bawah ini, ya.

Yang pertama dimulai dari penerbit-penerbit yang pernah menerbitkan karya saya:

1. DAR Mizan!


Inilah buku pertama saya yang diterbitkan penerbit mayor. Saat itu, naskah saya menjadi juara sayembara KKJD Hunt 2015. DAR Mizan merupakan lini anak dari Penerbit Mizan Bandung. Bagi teman-teman yang ingin mengirimkan karyanya, bisa melalui pos ke alamat:

Penerbit DAR Mizan
Jl. Cinambo No . 137 Cisaranten Wetan, Ujungberung, Bandung 40294.
Telp. (022) 7834310

Penerbit yang satu ini memang menginginkan kiriman berupa print out. Tapi, bisa juga melalui email editor jika sudah pernah bekerja sama. Nah, untuk cek info-info bisa email ke info@mizan.com  atau telepon ke nomor di atas. Beberapa kali saya menghubungi melalui telepon atau email, sekrednya ramah, kok.


2. Tiga Ananda

Tiga Ananda ini merupakan imprint dari Penerbit Tiga Serangkai, Solo. Teman-teman bisa mengirimkan naskahnya ke email tspm@tigaserangkai.co.id.
Jangan lupa sertakan proposal naskah, surat pernyataan keaslian naskah dan tentunya naskah lengkapnya. Pada subyek email tulis Kirim Naskah_Tiga Ananda.
Biasanya setelah kirim kita akan mendapat konfirmasi dan diberitahukan masa tunggunya, biasanya 3 bulan. 
Tiga Ananda menerima naskah seperti pictbook, kumcer, kumdong (asal bukan bertokoh peri, penyihir dan berbau sihir), naskah aktivitas, ensiklopedia dll.

3. Elex Media Komputindo


Salah satu penerbit yang masuk Gramedia Grup ini, juga menerima naskah anak, loh. Biasanya penerbit ini menerima buku cerita bergambar, kumpulan cerita (biasanya jumlahnya di atas 20 cerita), board book. Kalian bisa mengirimkan naskahnya ke email dewa@elex.co.id.
Masa tunggunya hampir sama dengan penerbit lain, sekitar 3-4 bulan. Jadi sabar, ya.

4. Checklist Media

 Checklist Media, salah satu penerbit di kota Yogyakarta ini juga menerima naskah anak, loh. Naskah bisa dikirimkan ke email checklistmedia@gmail.com.
Biasanya mereka menerima kumpulan cerita atau dongeng.
5. Cikal Aksara


Cikal Aksara merupakan imprint dari Agromedia Grup. Selain pictbook, penerbit ini juga menerima naskah kumcer, kumdong dan naskah aktivitas. Kalian bisa mengirimkan naskah ke email redaksi@cikalaksara.com. 
Masa tunggunya sekitar 2-4 bulan. Biasanya mereka akan memberikan kabar baik naskah ditolak maupun acc. Tapi, tidak ada email konfirmasi bahwa naskah telah masuk.
6. Bhuana Ilmu Populer
 Nah, dengan penerbit yang satu ini teman-teman pasti sudah tidak asing, kan? Yep, BIP memang dikenal banyak menerbitkan buku-buku anak baik kumcer, kumdong, pictbook sampai naskah aktivitas. Untuk kirim naskah bisa melalui email redaksi.bip.gramedia@gmail.com.  Jangan lupa unduh formulir naskah di FP Bhuana Ilmu Populer ya sebagai syarat kelengkapan kirim naskah. Tapi harap sabar karena masa tunggunya cukup lama 3-6 bulan.

7. Indiva Media Kreasi

Indiva Media Kreasi menerima naskah anak dari penulis dewasa berupa novel anak yang diterbitkan melalui lini Lintang. Untuk kirim naskah bisa melalui penerbitindiva1@gmail.com.
Naskah saya masih proses terbit di penerbit ini jadi belum  bisa menyertakan cover buku.
8. Visi Mandiri Publishing

Begitu juga dengan Visi Mandiri, naskah saya masih proses terbit di sini. Untuk mengirim naskah bisa melalui visimandiripublishing@gmail.com.

9. Penerbit Duta

Untuk pengiriman naskah melalui nonteks.penerbitduta@gmail.com. Mohon doanya, ya, semoga naskah saya yang masih proses terbit bisa lancar prosesnya.
10. Penerbit Kanak

Untuk pengiriman naskah bisa melalui email kanak@bumiaksara.com. Masa tunggunya cukup lama dan proses penyeleksian naskahnya cukup panjang. Jadi, harap bersabaaar banget.
Itulah penerbit-penerbit yang menerima naskah anak dan karya saya pernah lolos. Namun, ada beberapa penerbit lain yang menerima naskah anak dan saya belum berjodoh dengan penerbit tersebut, antara lain:

1. Penerbit Funtastic (Imprint MNC)

Masa tunggu di penerbit ini sekitar 3-4 bulan. Tidak ada email konfirmasi dan tahu-tahu ditolak. Kirim naskah bisa melalui email anakfuntasticmnc@gmail.com.

2. Erlangga for Kids

Bisa kirim melalui naskah@erlangga.co.id. Ada email konfirmasi naskah masuk. Tapi jika lebih dari 3 bulan tidak ada kabar berarti naskah tidak lolos.
3. Gema Insani Press

Kirim naskah melalui penerbitan@gemainsani.co.id.  Tidak ada email konfirmasi hanya kabar diterima atau ditolak. masa tunggu 4-6 bulan.

4. Al- Kautsar

Bisa mengirimkan naskah melalui redaksi@kautsar.co.id.

5. Bentang Belia

Kirim naskah melalui redaksi@bentangpustaka.com. Masa tunggu 3 bulan dan akan mendapat kabar ditolak atau diterima lengkap dengan alasannya.
Kurang lebih itulah penerbit-penerbit yang menerima naskah anak menurut pengalaman saya. Sebenarnya masih banyak penerbit yang menerima naskah anak namun saya belum pernah mencobanya dan akan mencobanya seperti GPU, Grasindo, Bestari dll.

Sekian celoteh Mamak Dhifa kali ini. Selamat berkirim-kirim naskah. Ayo, semarakan perbukuan Indonesia dengan buku-buku berkualitas.


Sssst.... yang mau koleksi buku-buku saya, bisa pesan melalui shopee.co.id/warungbukuqoe atau WA FB Lapak Buku Anak.

Terima kasih sudah mampir.


Salam hangat,


Mamak Dhifa

12 comments

  1. naskah apa saja yang bisa dikirim
    ada syat2nya gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naskah anak bisa pictbook, kumcer, kumdong atau naskah aktivitas, boarbook juga. Kalau Syarat tiap penerbit beda-beda lihat di web mereka saja.

      Delete
  2. mbak, kalau kirim naskah buku anak biasanya langsung disertakan ilustrasinya atau kirim naskahnya saja?
    terimakasih. informasinya sangat bermanfaat untuk saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mbak maaf baru balas, ya.
      Naskahnya bisa tanpa ilustrasi. Cukup beri panduan ilustrasi saja.
      Biasanya ilustrasi dr penerbit.

      Delete
  3. Kak. Jika sudah ada form pengiriman naskah, apa perlu juga disertakan surat pengantar atau cover letter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap perlu surat pengantar yang diletakkan di badan email. jadi emailnya tidak kosongan ada "Kulonuwunnya" tidak ujug-ujug masuk.

      Delete
  4. kak maaf sebelummya mau tanya, untuk format pengiriman naskahnya sendiri bagaimana ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. formatnya bebas menyesuaikan naskah yang dikirim. Jika cerita bergambar, berarti sertai panduan ilustrasinya.

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Salam hangat.